Sabtu, 02 April 2011

TUGAS DUA AUDIO MIXDOWN


MEMBUAT AUDIO MIXDOWN MENGGUNAKAN ADOBE AUDITION



1. Klik 2x icon Adobe Audition untuk memulai membuat audio mixdown atau kita dapat memilih menu Start dan pilih Adobe Audition.


2. Kemudian tunggu proses loading dan akan muncul tampilan seperti gambar berikut ini :



3. Kemudian klik File > New Session untuk membuat file baru.



4. Kemudian akan muncul tampilan permintaan Sample Rate untuk membuat audio. Dalam standarnya kita menggunakan Sample Ratenya 44100. Kemudian klik OK. Lihat pada gambar berikut :



5. Ingin menjadikan suara kita menjadi bahan atau sebagai pengisi audio, kita harus mengaktifkan tombol R pada Main.



6. Kemudian akan muncul tampilan yang meminta kita dimana akan kita simpan file tersebut. Pilih dimana lokasi dimana file tersebut akan disimpan. Klik Save untuk menyimpan.



7. Untuk memulai rekam klik tombol Record pada menu tansport, tekan Stop untuk berhenti merekam.



8. Hasil rekam suara yang saya buat seperti gambar berikut :



9. Untuk memasukkan background atau musik yang akan kita edit, klik kanan di files dan pilih import.



10. Pilih lagu yang akan kita edit, klik open untuk mengimportnya ke files.



11. Drag lagu yang akan kita edit ke Multitrack untuk proses edit. Gunakan panel tombol yang ada pada bagian sudut kiri untuk memulai atau stop :



12. Untuk edit kita dapat menggunakan tool yang ada seperti : Hybrid tool, Time selection tool, scrub tool.



13. Setelah proses editing selesai, file yang kita edit ini dapat dijadikan music yang bisa diputar di media audio lainnya, maka kita harus meexportnya dulu ke format yang kita inginkan atau di mixdown dulu. Langkahnya klik File > Export > klik Audio Mix Down.



14. Kemudian akan muncul tampilan Export Audio Mix Down, isikan nama file dan ubah type penyimpanannya, apakah dalam bentuk *.wav, *.mp3, *.wma, *aif, *.iff, *,ogg, dll.







15. Ini adalah tampilan proses penyimpanan mixdown atau convert file.



16. File yang telah di mixdown akan berbeda dengan tampilan sebelumnya, karena file telah yang di edit tadi telah kadikan 1 file, dalam format yang sesuai dengan yang kita inginkan seperti gambar berikut :



17. Setelah di mixdown file tersebut perlu di normalisasikan agar file tersebut saat didengar baik dan bersih dari noice. Langkahnya klik Effects > Amplitude > klik Normalize (Proses)… > kemudian atur normalize nya menjadi 100 %.




18. Setelah proses normalize selesai akan terlihat juga perbedaan pada gelombang tracknya. Kemudian untuk proses akhir file harus di atur batas tinggi gelombang, ini bertujuan agar music yang didengar tidak merusak telinga. Langkahnya klik Effect > Amplitude > Hard Limiting (Proses)…> atur batas akhir dengan cara pilih tinggi gelombang yang paling tinggi, dalam file yang saya buat tadi saya memeberi batas -3 db pada limit max amplitude.




19. Perbedaan yang terjadi pada proses normalisasi dengan hard limiting pada gelombang-gelombang file musik tersebut seperti gambar dibawah ini :


a) Normalize



b) hard limiting


Kesimpulan :

  1. Dalam proses editing kita dapat merekam suara sambil mendengar background lagu.
  2. Dalam mempelajari ini saya bisa membuat sesuatu yang bermanfaat seperti iklan, editing music, suara, dan mengkombinasikan semua menjadi 1 file.
  3. file asli berformat *.ses

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

tolong isi komentar agar tulisan berkembang dan dapat dilengkapi