Jumat, 10 Juni 2011

TUGAS IMK TENTANG PERBANDINGAN 2 SOFTWARE DENGAN MENGGUNAKAN PRINSIP UMUM PERANCANGAN ANTARMUKA PENGGUNA



MAKALAH

INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER






Nama : DISCA LUTHFI ADDISTIA

NoBP : 0901081018

Kelas : TEKNIK KOMPUTER 2 B





JURUSAN TEKNOLOGI INFORMATIKA

PROGRAM STUDI TEKNIK KOMPUTER

POLITEKNIK NEGERI PADANG

SEMESTER GENAP 2011





I. PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG

Sebelumnya saya ucapkan Alhamdulillah kepada ALLAH.SWT yang telah member saya kesempatan atas semua apa yang saya lakukan melalui rahmat kesehatan, pikiran, dan lainnya sehingga saya dapat menyelesaikan tugas Interaksi Manusia Dan Komputer (IMK). Pada pembuatan laporan ini merupakan tugas yang diberikan oleh dosen sebagai penilaian dan keaktifan mahasiswa.

B. TUJUAN

Tujuan pembuatan tugas ini adalah untuk menambah pengetahuan dalam penggunaan aplikasi baru serta dapat memahami aspek-aspek atau prinsip umum perancangan antarmuka pengguna. Kemudian untuk memenuhi penilaian dari dosen.

II. PEMBAHASAN

PERBANDINGAN 2 BUAH SOFTWARE YANG MEMILIKI FUNGSI YANG SAMA DENGAN PENERAPAN ANTARMUKA

(Family tree dengan Family tree Pilot)

A. FAMILY TREE


Prinsip umum perancangan antarmuka pengguna :

1. Aksessibilitas (Operabilitas dan Perseptibilitas)

Aplikasi family tree sangat mengemukakan prinsip antarmuka ini, sebab pada penggunaan awal dari program ini saya dapat mengakses dengan baik dan mudah dimengerti. Namun pada aplikasi ini menggunakan bahasa inggris sebagai default program. Dan program ini running pada saat mengklik double icon .exe nya dan akan muncul tampilan berikut tanpa harus menunggu proses instalasi awal.






2. Visibilitas

Aplikasi family tree ini penggunaan aplikasi tidak ada menggunakan tampilan menu, hanya menggunakan tombol next untuk lanjut ke perintah berikutnya. Kemudian pada saat klik next, maka pointer akan hilang sejenak dari posisi. Maka pengguna harus menggeser kursor sedikit dari tombol next untuk dapat mengembalikan pointer dan dapat untuk mengklik. Namun jika data sudah di next maka tidak dapat di ubah atau kembali keperintah sebelumnya.

3. Kesederhanaan / Simplisity

Pada program family tree ini memiliki tampilan dan gambar yang sangat simple dan hirarki program yang jelas, kemudian aplikasi ini memiliki tampilan yang konsisten. Namun tidak ada tampilan menu yang mendukung misalnya, saya akan keluar dan tidak melanjutkan proses program tombol untuk batal atau exit dari program tidak ada. Bagi orang yang memiliki kemampuan seperti saya mungkin dapat mengerti, hanya denhan klik kanan maka akan muncul tampilan menu exit, namun bagi orang yang autodidak pasti bingung dan tidak tahu bagaimana untuk keluar dari program dan harus menyelesai kan program sampai selesai meskipun hasinya salah.

4. Efisiensi

Aplikasi family tree ini memiliki prinsip ini, karena dari segi ukuran display dan ukuran tulisan serta pergerakan kursor sangat teratur dan berurutan.

5. Konsistensi

Pada aplikasi family tree ini tampilan sangat konsisten, sehinggan saya tidak perlu mencari dimana akan di tuliskan nama karena sudah ada tempat serta kursor yang telah ada di dalam kotak langsung. Sehinggan saya hanya mengisikan nama dan mengklik next untuk lanjut keperintah selanjutnya.

6. Prediktabilitas

Ketika saya tidak mengisikan nama atau kata dalam kotak dan menekan tombol next, maka aplikasi mengeluarkan pesan error yang berisikan bahwa data harus di isi.

7. Control dan Flexibilitas

Pada aplikasi family tree ini aspek untuk yang satu ini tidak digunakan karena pengguna tidak dapat mengubah apapun yang ada pada program ini.

8. Respon terhadap pengguna (Responsifines)

Pada aplikasi family tree ini respon terhadap pengguna ada saat pengisian data pada kotak tidak di isi maka akan mengeluarkan pesan error.

9. Penanganan kesalahan

Untuk prinsip ini family tree menampilkan pesan kesalahan terjadi saat user atau pengguna tidak mengisikan data pada setiap perintah.

10. Kejelasan arti dan tujuan setiap komponen

Pada aplikasi family tree memiliki tujuan untuk membuat silsilah keluarga, namun data sangat dibatasi.




11. Kejelasan tentang keterkaitan antar komponen sistem secara keseluruhan

Kejelasan program ini sangat jelas.

12. Enak dipandang (khusus GUI)

Untuk tampilan sangat bagus dan enak untuk dilihat dari awal proses sampai akhir.

13. Kesan pertama yang positif

Program ini pertama kali saya gunakan member kesan simple, tidak ribet, namun banyak yang tidak memenuhi keinginan saya atau pengguna lainnya, sebab dalam aplikasi ini kita tidak bisa input foto dan mengisikan data sesuai keinginan.

14. Trade-off (Prinsip yang berlawanan, memilih mana yang di prioritaskan)

Pada aplikasi family tree ini lebih memprioritaskan simple, efisien waktu, dan konsisten. Tidak mengutamakan keinginan dari user atau pengguna.


B. FAMILY TREE PILOT

Prinsip umum perancangan antarmuka pengguna :

1. Aksessibilitas (Operabilitas dan Perseptibilitas)

Awal penggunaan aplikasi ini, saya sangat berkesan karena aplikasi ini mudah di digunakan yang tidak sesulit yang saya pikirkan.

2. Visibilitas

Pada halaman awal tampilan, adanya tampilan menu yang tersusun baik dan mudah untuk di mengeti. Sebab seluruh menu yang ada jelas dan mudah di pahami.

3. Kesederhanaan / Simplisity

Penggunaan aplikasi ini simple, karena apabila nama person sudah diisikan dan dipilihkan gendernya, tanpa memasukkan data atau nilai lainnya, data akan tersimpan saat klik Create Person, secara otomatis pada data basenya akan di set nol atau kosong karena pada sistem ini menyediakan defaultnya.



4. Efisiensi

Untuk efisien pada aplikasi ini sangat berbeda dengan program Family tree sebab, pada aplikasi ini banyak pilihan dan pengisian sangat praktis tidak membutuhkan waktu yang lama untuk proses create person. Kemudian dinilai dari segi pergerakan mata kursor bergerak tidak terlalu jauh, namun tetap konsisten.

5. Konsistensi

Untuk program ini sangat konsisten, sebab data yang di isikan pada aplikasi terurut sesuai urutan data yang di inputkan. Kemudian untuk pemilihan, data tidak berubah.

6. Prediktabilitas

Pada penggunaan aplikasi ini untuk prinsip ini digunakan pada pengisian data yang dilakukan secara manual dan ada yang otomatis.

7. Control dan Flexibilitas

Aplikasi ini mendukung penuh untuk aspek ini, sebab apa bila data yang dimasukkan salah, maka dapat dikoreksi atau di edit bahkan di hapus dari databasenya. Dan apabila user menginginkan hasil kerja, maka hasil dapat di print atau di save gambarnya.

8. Respon terhadap pengguna (Responsifines)

Pada aplikasi ini memberikan respon yang baik ketika user mengklik gambar yang ingin dipilih langsung mengubah tanda Tanya pada kotak dengan file foto yang kita pilih tadi. Jika salah kita dapat menggantinya dengan menekan select, otomatis akan muncul tampilan box dimana foto akan di ambil.

9. Penanganan kesalahan

Untuk penanganan kesalahan pada aplikasi ini terdapat pada menu tree yang ada pada sebelah kiri display. Adanya menu yang mengizinkan penghapusan data sesuai keinginan pengguna.

10. Kejelasan arti dan tujuan setiap komponen

Pada aplikasi ini kejelasan mungkin masih kurang, sebab pada saat data telah di atur dan simasukkan ke masing-masing kelompok namun untuk penyusunan gambar silsilah membuat pengguna bingung karna posisi awal gambar terletak pada sudut yang sama sehingga terjadi penumpukan kotak namun, ini dapat diatasi sebab pada masing-masing kotak telah di hubungkan dengan pasangan pada pengaturan hubungan pada data.




11. Kejelasan tentang keterkaitan antar komponen sistem secara keseluruhan

Untuk prinsip yang satu ini sangat saling berkaitan, sebab memiliki hirarki yang jelas dan keterkaitan secara keseluruhan. Contohnya pada saat data diisikan seluruh data langsung ada pada box person, kemudian mentukan mana keluarga dan parent semua ini mencakup pada box family tree, saat klik arrange pada box family tree, menu move sebelah kanan display akan muncul dan ada pilihan, ketika di klik everyone kotak data akan begerak secara keseluruhan saat mouse mendrag kotak data, jika ingin menggantinya cukup pilih menu lain dalam box menu move.

12. Enak dipandang (khusus GUI)

Dari segi tampilan, lebih menarik karena data yang ada dapat di susun sekian rupa sesuai dengan keinginan pengguna, kemudian desain box yang mudah dan menarik untuk di lihat.

13. Kesan pertama yang positif

Penggunaan aplikasi ini pertamakali member kesan praktis dan tidak membingungkan sebab ada user manual yang diberikan oleh sistem.

14. Trade-off (Prinsip yang berlawanan, memilih mana yang di prioritaskan)

Pada aplikasi ini memprioritaskan aksessibilitas, kesederhanaan, konsisten, kejelasan dari setiap komponen secara keseluruhan, dan memberikan kesan pertama yang positif bagi pengguna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

tolong isi komentar agar tulisan berkembang dan dapat dilengkapi